You are here

Testimonial

Pasca melahirkan, wanita akan mengalami perubahan hormon yang akan berpengaruh pada kondisi kulit wajah. Kulit wajah pada sebagian besar wanita pasca melahirkan akan cenderung lebih gelap dan kusam (biasa disebut melasma). Apakah Minasan mengalaminya? Jangan khawatir, ada tips sederhana yang dapat membantu mengatasinya.

Kulit Kusam Pasca Melahirkan? No Way

Setiap wanita yang baru saja melahirkan tentu memiliki impian untuk kembali menjadi cantik seperti saat sebelum hamil. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit wanita yang justru memiliki penampilan berbeda 180 derajat dari saat sebelum hamil. Perubahan juga terjadi pada kondisi kulit wajah. Sebagian besar wanita yang baru melahirkan mengalami perubahan kulit wajah menjadi kering, kusam, berjerawat, dan keluar bintik-bintik. Tidak sampai di situ, kondisi tersebut diperparah dengan keluarnya kantung mata akibat kelelahan merawat buah hati yang baru lahir.
 

Kulit Terlihat Kusam dan Gelap

Kondisi kulit wajah pada wanita pasca melahirkan dipengaruhi oleh hormon yang naik turun. Perubahan hormon tersebut menyebabkan munculnya masalah kulit, yang disebut melasma. Melasma adalah keluarnya bercak-bercak pada bagian kulit wajah yang terpapar matahari, seperti dahi, pipi, dan daerah sekitar bibir. Kulit wajah akan terlihat lebih gelap dan kusam.
Pada masa kehamilan, kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh sangat tinggi sehingga meningkatkan kadar cairan dan garam dalam tubuh, yang berefek pada kekenyalan kulit. Kondisi tersebut berubah drastis pada masa setelah melahirkan, kadar air dan garam dalam tubuh akan menurun, sehingga kulit terlihat tidak segar dan layu. Kondisi alamiah tubuh pasca melahirkan, diperparah dengan situasi sang Ibu. Ibu akan sibuk dengan bayi yang baru dilahirkannya sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk merawat diri, meskipun hanya sekedar mengolesi pelembab pada wajah.
 

Perawatan Kulit Wajah Pasca Melahirkan

Minasan tidak perlu khawatir, karena kondisi kulit pasca melahirkan yang bagaikan momok ini akan kembali normal secara alami dalam dua atau tiga bulan. Melasma akan berangsur memudar meskipun tidak akan hilang sepenuhnya. Untuk mempercepat prosesnya, Minasan dapat melakukan perawatan-perawatan di bawah ini secara intensif.
 

1. Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung akan memperparah kondisi kulit wajah. Karena hormon estrogen dan progesteron membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Minasan sebaiknya menghindari terlalu lama beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.
 
 

2. Memakai Krim Wajah Dengan Kandungan Vitamin C, E, dan A

Vitamin C, E, dan A membantu melembabkan kulit dan menjaga kekenyalan kulit wajah. Gunakan krim tersebut dua kali sehari sambil dipijat perlahan supaya meresap. Selain itu, Minasan juga dapat mencoba mengaplikasikan minyak zaitun atau minyak almond pada wajah Minasan.
 

3. Oleskan Pelembab atau Lotion Oil Setelah Mandi

Oleskan pelembab atau lotion oil yang dapat mengunci kelembaban kulitmu tepat setelah mandi karena kondisi kulit masih lembab dan pori-pori masih terbuka.
 

4. Hindari Penggunaan Sabun yang Bersifat Kering

Membersihkan wajah merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Jika Minasan menggunakan sabun untuk membersihkan wajah, hindari memilih sabun yang membuat kulit kering. Karena kulit yang kering akan memperparah kondisi kulit Minasan.
 

5. Gunakan Kosmetik yang Mengandung SPF

Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock atau krim yang mengandung SPF jika akan melakukan aktivitas di bawah terik matahari, minimal SPF 15. SPF akan menghalau sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari, sehingga akan melindungi kulit wajah Minasan dari efek buruknya seperti bercak hitam dan kulit menghitam.
 

6. Pilihlah Kosmetik, Pembersih dan Sunblock yang Melembabkan

Dalam memilih kosmetik dan pembersih, Minasan sebaiknya memlilih produk yang memberikan kelembaban tinggi dan tidak menyumbat pori-pori.
 

7. Hindari Produk Kecantikan yang Mengandung Alkohol

Alkohol yang terkandung dalam kosmetik akan memberikan dampak kering pada kulit kita. Jadi sebaiknya Minasan menghindari menggunakan kosmetik yang mengandung alkohol. Selain itu, kandungan alkohol juga dapat menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya bagi Minasan yang memiliki jenis kulit sensitif.
 

8. Gunakan Masker Wajah Dengan Bahan Alami

Mengoleskan masker pada wajah akan membantu proses pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Minasan dapat membuat masker sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar masker antara lain, pepaya, ketimun, tomat, jeruk nipis, nanas, dan putih telur.
 

9. Perbanyak Konsumsi Air Putih, Buah dan Sayuran

Selain mengaplikasikan krim dan kosmetik, Minasan juga harus menjaga asupan makanan untuk memulihkan kulit wajah. Yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan dan air putih minimal 2 liter setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam.
 
Merawat wajah pasca melahirkan sangat penting untuk mengembalikan kelembaban dan kelembutan kulit wajah. Kulit kusam pasca melahirkan berangsur-angsur akan menghilang seiring dengan berjalannya waktu. Nah, bagi Minasan yang saat ini sedang dalam masa pasca melahirkan tidak ada salahnya mencoba tips di atas. Semoga bermanfaat.
 
Sumber : http://beautynesia.id/2954
 
Tags : Kulit Kusam, Skincare, Tips Kecantikan, Tips Skincare.

Memiliki jerawat terutama di area pipi memang sangat mengganggu penampilan kita. Meskipun jerawat bukanlah suatu kondisi medis yang perlu dikhawatirkan, namun kehadirannya yang tak pernah diundang ini mampu membuat kita kehilangan rasa percaya diri. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan jerawat tumbuh dengan subur pada tempat yang berhubungan langsung dengan banyak orang ini. berikut adalah beberapa penjelasannya:

Jerawat Pipi

1. Bakteri

Propionibacterium acne biasanya menjadi bakteri yang paling bertanggung jawab atas kemunculan sebuah jerawat. Bakteri ini berkembang biak pada kelenjar di dalam kulit. Keberadaan mereka membuat kelenjar membengkak kemudian mengiritasi daerah disekitarnya. Jerawat yang disebabkan oleh bakteri p.acne biasanya meninggalkan bekas luka yang sulit menghilang.

2. Handphone

Penelitian yang dilakukan di Inggris menyimpulkan jika sebuah handphone ternyata lebih kotor daripada toilet duduk dan memiliki jumlah kuman yang sangat banyak. Bahkan hanya dengan menyentuhkan layar perangkat ini ke pipi dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya anda tidak menempelkan handphone ke pipi saat melakukan panggilan. Untuk cara lain yang lebih efektif, bersihkan layar handphone secara teratur dengan larutan alkohol untuk membunuh bakteri-bakteri yang berada disana.

3. Bantal

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan bantal yang anda gunakan untuk tidur karena bantal yang tidak terjaga kebersihannya menjadi sarang bagi para kuman dan bakteri. Bersentuhan langsung dengan bantal yang telah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman tersebut akan mengakibatkan jerawat batu yang cukup sulit diatasi ketimbang jerawat biasa. Rutinlah menjemur bantal atau mencuci sprei agar kuman dan bakteri yang ada dapat dihilangkan.

4. Kosmetik

Mengapa kosmetik dapat mengakibatkan terjadinya jerawat? Pada pipi terdapat sejumlah pori-pori kecil yang akan tersumbat oleh penggunaan kosmetik tertentu seperti bedak bersama foundation serta beberapa kosmetik yang mengandung minyak berlebih. Bahan-bahan tersebut memicu pembentukan komedo yang selanjutnya akan mengakibatkan penyumbatan pori. Jika anda adalah tipe orang yang tidak bisa melepaskan diri dari penggunaan kosmetik, maka sebaiknya pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air karena kosmetik berbasis minyak lebih berpotensi membuat jerawat di pipi semakin meriah.

5. Pubertas

Masa pubertas merupakan salah satu penyebab umum terjadinya jerawat pada remaja. Persoalan tersebut tampaknya sulit untuk dihindari karena jerawat yang muncul terjadi secara alamiah. Untungnya, biasanya para remaja cenderung telah menyadari akan hal ini. Jerawat pubertas terjadi akibat tubuh mereka sedang melakukan penyesuaian terhadap perubahan hormon-hormon yang ada, salah satunya dengan mengeluarkan rangsangan kelenjar minyak terlalu berlebih pada area tertentu termasuk pipi.

6. Stres

Tidak semua jerawat muncul dikarenakan oleh bakteri atau penyumbatan minyak. Penyebab lain yang terkadang dikesampingkan adalah stres. Banyak orang tidak menyadari bahwa jerawat yang diakibatkan keadaan tubuh stres ternyata lebih agresif. Jerawat jenis ini lebih mudah menyebar, sensitif terhadap sentuhan, tidak mudah diobati dengan pengobatan luar serta cenderung dapat datang dengan cepat, semisal jerawat bisa timbul begitu saja saat anda bangun tidur.

Itulah tadi beberapa hal yang biasa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada pipi. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan lebih untuk anda yang saat ini sedang menghadapi persoalan jerawat.

Sumber : http://www.ngegosip.com/penyebab-jerawat-sering-muncul-di-pipi

Tags : Jerawat, Penyebab Jerawat di pipi, Skincare, Tips Kecantikan, Tips Skincare.


Menurut Dr. Oz, ada lima jenis kulit wajah jika dilihat dari ciri-ciri serta kondisi eksternal yang terlihat secara kasat mata. Normal, kering, berminyak, kombinasi serta sensitif merupakan kelima jenis tersebut. Kulit berminyak adalah salah satu kondisi yang paling banyak dialami wanita Indonesia. Ada banyak penyebab produksi minyak berlebih dan salah satunya adalah makanan yang anda konsumsi setiap hari.

Apa pentingnya menghindari konsumsi makanan tersebut?

Makanan penyebab kulit berminyak seringkali terlupakan dan kurang diperhatikan. Banyak orang (termasuk anda) tidak menyangka efek buruk yang muncul setelah mengkonsumsi makanan tertentu mengakibatkan produksi minyak pada kulit (terutama wajah) menjadi tidak terkendali sehingga wajah mudah berjerawat, muncul komedo dan terlihat kusam.

jenis makanan yang menyebabkan wajah berminyak

Jenis makanan yang bisa menyebabkan wajah berminyak

Sejatinya minyak yang diproduksi oleh tubuh berguna untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat dengan menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit menjadi kering.

Pada kulit berminyak, kelenjar sebaceous terlalu aktif memproduksi minyak sehingga menghasilkan lebih banyak minyak dari yang dibutuhkan. Efeknya, kulit wajah menjadi licin, kusam dan mudah berjerawat.

Orang dengan kulit berminyak rentan terhadap pori-pori membesar, terlihat tebal, kusam, licin dan mengkilat seperti lantai kamar mandi, serta mudah muncul komedo dan jerawat. 



Diet, makanan tertentu, faktor keturunan, kelembaban udara, pil KB dan produk kosmetik merupakan pemicu seseorang memiliki jenis kulit berminyak. Perubahan hormonal selama masa remaja juga dapat menyebabkan kulit berminyak pada remaja. 



Ajaib! Memiliki kulit berminyak ternyata ada manfaat dan keuntungannya

Meskipun rentan terhadap masalah jerawat, seseorang dengan jenis kulit berminyak cenderung lebih awet mudah dibandingkan mereka yang berkulit kering.



Hal ini berkaitan dengan proses munculnya keriput yang diperlambat oleh minyak alami yang diproduksi kelenjar sebaceous.



Namun tetap saja jika produksinya berlebihan akan menyebabkan masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan cantik anda. Oleh karena itulah, membatasi asupan makanan berikut ini adalah langkah cerdas untuk merawat kecantikan wajah dari dalam. 

Jenis Makanan Penyebab Kulit Berminyak Yang Harus Dibatasi

makanan cepat saji

Makanan cepat saji membuat produksi minyak berlebihan

  1. Karbohidrat olahan
    Karbohidrat olahan seperti gula, roti tawar, biskuit, beragam jenis kue serta makanan penutup (dessert) yang cepat dicerna dan diserap ke dalam aliran darah. 

    Setelah anda mengkonsumsi makanan jenis karbohidrat olahan, makan kadar insulin dalam tubuh akan melonjak. Lonjakan atau kenaikan ini akan meningkatkan tingkat androgen, yang merangsang produksi sebum yang berlebihan, sehingga berdampak pada kulit berminyak dan berjerawat. 

    Sebaiknya batasi konsumsinya karena tidak hanya berdampak pada kulit wajah, tetapi juga berdampak buruk pada kesehatan, salah satunya kenaikan berat badan.

  2. Makanan cepat saji
    Makanan cepat saji seperti pizza, kentang goreng, dan burger tinggi akan kandungan lemak dan sodium. Sebagian besar makanan cepat saji yang dijual mengandung lemak terhidrogenasi (Lemak trans) yang mempengaruhi sirkulasi darah sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat di wajah lebih mudah muncul, dan kulit menjadi lebih berminyak.
  3. Produk olahan susu
    Makanan yang berasal dari olahan susu (Dairy Products) mengandung dua jenis protein yang dapat meningkatkan produksi minyak yaitu kasein dan whey protein. Sejatinya whey protein memiliki nilai gizi yang tinggi dan banyak dimanfaatkan untuk membangun massa otot. Bagi anda yang sering melakukan aktivitas nge-gym pastinya tidak asing dengan produk whey ini.

    Namun kaitannya dengan kesehatan kulit wajah, protein whey dapat memicu produksi sebum yang berlebihan. Sedangkan kasein meningkatkan level pertumbuhan hormon-1 (IGF-1) dan mengaktifkan reseptor androgen insulin yang mengakibatkan munculnya jerawat.

  4. Asam lemak omega-6
    Lemak omega-6 yang ditemukan dalam minyak sayur memicu inflamasi yang terkait dengan terbentuknya peradangan jerawat dan produksi sebum yang berlebihan. 

    Di sisi lain, lemak omega 3 yang ditemukan dalam kacang kenari, biji rami, ikan salmon, dan ikan tuna merupakan penawarnya karena dapat mengobati peradangan dan mencegah terbentuknya jerawat.

  5. Daging merah
    Jenis daging hewan yang berwarna merah meningkatkan hormon testosteron pada laki-laki yang memicu peningkatan produksi sebum, menyebabkan pori-pori tersumbat dan terbentuknya jerawat. Karena daging merah mengandung sejumlah besar lemak jenuh, konsumsi secara berlebih juga dapat menyebabkan peradangan.


Tips Merawat Kulit Wajah Agar Terhindar Dari Minyak Berlebih

  • Jangan malas mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan karena kaya serat sehingga sistem pencernaan berjalan dengan baik. Beberapa jenis buah dan sayuran memiliki zat gizi serta fitokimia tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

    Jenis buah dengan kandungan antioksidan tinggi yaitu tomat, stroberi, pepaya, buah naga, dan buah delima. 

    buah stroberi kaya antioksidan

    Stroberi salah satu buah yang kaya antioksidan

    Salah satu fungsi penting zat antioksidan adalah anti-inflamasi atau anti-peradangan.

  • Jika perlu, lakukan perawatan sederhana dengan masker air garam untuk mengatasi kulit berminyak secara alami.
  • Perbanyak minum air putih karena berguna untuk mengatur produksi minyak sehingga tidak berlebihan.
  • Perbanyak makanan yang kaya vitamin A seperti sayuran hijau, pepaya, wortel, mangga, ubi jalar dan telur. Gunanya untuk membantu menurunkan kelenjar sebaceous dalam memproduksi minyak.

Melakukan perawatan wajah bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Penggunaan produk kecantikan baik yang alami maupun modern tidak akan memberikan hasil maksimal jika pola makan yang anda jalankan sembarangan.

Sumber : http://www.akusehatku.com/2016/07/makanan-penyebab-kulit-berminyak.html

Tags : Skincare, tips Kecantikan, tips skincare.

 

 

 

manfaat buah apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang paling terkenal diseluruh dunia karena mudah di jumpai di toko buah dan supermarket. Selain itu, rasanya yang segar dan nikmat serta begitu banyaknya manfaat buah apel menjadikan buah ini memiliki banyak penggemar baik anak-anak maupun orang dewasa.

Buah apel mengandung serat yang tinggi dan banyak vitamin yang bermanfaat untuk merawat kecantikan wajah seperti Alpha Hidroxy Acid, anti-oksidan. Buah apel juga terdiri dari berbagai macam jenis seperti apel hijau, apel merah dan lain sebagainya.  Berikut ini adalah manfaat buah apel untuk kecantikan wajah :

1. Mengurangi keriput pada wajah

Buah apel mengandung Alpha Hidroxy Acid yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah dan mencegah terjadinya keriput. Caranya : parut buah apel, kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih. Untuk hasil maksimal gunakan secara teratur.

2. Mengatasi jerawat dan kulit wajah berminyak

Caranya : Parut buah apel yang telah dicuci bersih, kemudian campur dengan madu secukupnya. Gunakan sebagai masker wajah dengan mengoleskannya secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

3. Menghilangkan kantung mata

Caranya : campurkan dua sendok makan sari apel dengan kentang yang telah diparut. Kemudian oleskan campuran bahan tersebut pada bagian kantung mata lalu tutup dengan kain hangat. Biarkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

 

4. Melembabkan kulit wajah

Caranya : cuci buah apel sampai bersih lalu parut. Campurkan parutan buah apel dengan madu lalu gunakan sebagai masker. Biarkan sampai masker wajah buah apel dan madu tersebut kering, barulah bilas sampai bersih. Lakukan cara merawat wajah ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa manfaat buah apel bagi kecantikan wajah. Merawat wajah dengan menggunakan buah apel adalah cara alami yang aman bagi kulit wajah tanpa ada efek samping yang berbahaya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda

Sumber : http://pondokibu.com/manfaat-buah-apel-untuk-kecantikan-wajah.html

Tags : Kulit Kering. Skincare, Tips Kecantikan, Tips Skincare.


Manfaat putih telur untuk wajah ternyata sangat beragam dan tentunya bisa didapatkan oleh kita yang sering bermasalah dengan wajah berjerawat, berminyak atau malah justru kering. Putih telur memang sangat oke untuk merawat kebersihan kulit wajah secara alami. Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan oleh putih telur sebagai salah satu bahan alami merawat kulit wajah, boleh disimak penjelasan serta tips di bawah ini.

MANFAAT PUTIH TELUR UNTUK WAJAH BERSIH & CANTIK

manfaat putih telur untuk wajah

Di dalam putih telur ada lima komponen yang tidak boleh dilewatkan, yaitu enzim Lysozyme, riboflavin, protein, kalium, serta magnesium di mana sangat baik untuk wajah kita. Protein yang terkandung di dalam putih telur bisa mendukung pertumbuhan sel-sel kulit yang baru jadi otomatis wajah jadi kelihatan lebih bersih, cerah dan memudarkan kerutan serta garis halus. Kaliumnya sendiri sangat berguna untuk melembabkan kulit wajah apabila putih telur dipakai setiap hari secara rutin untuk merawat kulit.

1. MENGENCANGKAN KULIT WAJAH

mengencangkan kulit wajah

Putih telur bisa dengan mudah kita pakai untuk merawat kulit wajah yang ternyata mampu mengencangkan juga. Bagi yang punya masalah dengan kerutan halus, putih telur bisa dijadikan masker wajah supaya kerutan tersebut hilang dan kulit pun jadi lebih elastis dan kencang tanpa pakai obat-obatan atau tarik wajah.

2. MEMUTIHKAN KULIT

menghaluskan kulit

Warna putih kulit yang sebenarnya kita miliki bisa dikembalikan secara alami dengan kandungan-kandungan baik pada putih telur, termasuk juga protein. Alasan mengapa kulit kita bisa putih dengan mudah adalah karena sel-sel kulit mati bakal terangkat dan sel-sel kulit baru akan muncul; itulah yang kita namakan regenerasi kulit.

3. MENGATASI DAN MENCEGAH JERAWAT

mengatasi dan mencegah jerawat

Manfaat putih telur untuk wajah berjerawat juga sudah terbukti ampuh dan canggih. Baik yang punya masalah jerawat maupun bekas jerawat, semuanya akan dengan mudah diatasi dengan menggunakan masker putih telur di mana kedua-duanya bakal hilang secara cepat asalkan perawatan ini dilakukan secara teratur.

4. MEMUDARKAN FLEK HITAM PADA WAJAH

memudarkan flek hitam

Bintik-bintik hitam pada wajah memang tidak sedap dipandang, putih telur dapat membantu kamu untuk memudarkan flek-flek hitam pada wajah akibat bekas jerawat atau terlalu lama bersentukan lansung dengan sinar matahari.

5. MENGHILANGKAN KOMEDO DI WAJAH

menghilangkan komedo

Jarang membersihkan wajah sebelum tidur atau setelah menggunakan makeup seharian bisa membuat wajah ditumbuhi oleh komedo, baik hitam maupun komedo putih. Untuk itu agar terhindar dari masalah komode selalu bersihkan wajah sebelum tidur atau setelah menggunakan makeup seharian serta menggunakan putih telur merupakan cara terbaik untuk membantu menghilangkan komedo di wajah.

6. MEMBUAT KULIT LEBIH HALUS

memutihkan kulit

Putih telur juga dapat membantu kita dari masalah kulit yang kasar. Dengan memakai masker putih telur secara rutin dapat membuat kulit wajah terasa lebih halus.

7. MENGURANGI MINYAK BERLEBIH DI WAJAH

mengurangi minyak pada wajah

Wajah yang berminyak apalagi berlebih akan menimbulkan kesan kurang menarik. Untuk itulah masker putih telur juga disarankan untuk dijadikan masker supaya minyak yang diproduksi kulit wajah bisa berkurang. Manfaat putih telur untuk wajah berminyak sangat oke dan wajah pun akan terjaga kelembabannya. Pori-pori besar pun akan otomatis mengecil.

2 RESEP MASKER PUTIH TELUR MENURUT MANFAATNYA

Masker putih telur memang amat disarankan untuk kita supaya bisa mendapatkan beragam manfaatnya. Dengan menggunakan masker putih telur secara teratur, maka bukan mustahil kalau masalah kulit wajah kita satu per satu hilang.

1. UNTUK MENGATASI KULIT BERJERAWAT PLUS KOMEDO

Selain manfaat putih telur untuk wajah kering dan normal, putih telur boleh dibuktikan khasiatnya untuk wajah berjerawat dan berkomedo. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memisahkan putih dari kuningnya dan siapkan tisu wajah kering. Celupkan tisu wajah tadi ke dalam putih telur. Cuci dulu wajah kita lebih dulu dengan air hangat yang dipercaya bisa membuka pori-pori kulit kita. Tisu yang sudah direndam di putih telur tadi boleh diambil dan ditempel ke wajah kita atau bagian tertentu yang memroduksi komedo atau minyak berlebih. Tunggulah dengan sabar sampai tisu tersebut kering di wajah kita. Setelah itu baru boleh mencuci wajah dengan menggunakan air hangat lagi, tapi sampai benar-benar bersih dan bebas dari putih telur. Untuk menutup pori-pori kulit kita kembali, maka basuh wajah menggunakan air dingin akan sangat afdol.

2. UNTUK MENGATASI WAJAH BERMINYAK

Seperti langkah di atas, pertama-tama memang kita perlu memisahkan putih dan kuningnya. Cuci wajah lebih dulu menggunakan air hangat supaya pori-pori terbuka. Ambil kuas masker supaya lebih mudah dalam mengoleskan putih telur ke seluruh bagian wajah secara merata, termasuk juga bagian leher. Tunggulah sampai kurang lebih 20 menit, atau boleh juga hingga benar-benar kering. Baru setelah itu wajah boleh dibilas menggunakan air hangat lagi. Terakhir jangan lupa gunakan air dingin untuk menutup pori-pori. Dengan resep ini, buktikan sendiri manfaat putih telur untuk wajah.

Sumber : http://hariangadis.com/manfaat-putih-telur-untuk-wajah/

Tags : Manfaat putih telur, Mencerahkan Kulit Wajah, Skincare, Tips Skincare.


Lemon adalah buah yang kaya manfaat. Lemon tak hanya memiliki manfaat dalam hal kesehatan tetapi juga dalam hal kecantikan. Manfaat lemon untuk kecantikan diantaranya adalah untuk kecantikan wajah, kulit, dan bibir. Lemon memiliki aroma khas. Lemon biasa digunakan dalam dunia tata boga. Lemon banyak dibudidayakan di Negara-negara Amerika Selatan. Pohon lemon tidak dapat tumbuh di daerah beriklim dingin. 

 Manfaat lemon untuk kecantikan wajah, kulit, dan bibir

Pohon lemon dapat tumbuh dan berkembang pada kondisi suhu udara sekitar antara 15-30 derajat Celcius. Lemon sering digunakan sebagai bahan dalam program diet. Belakangan, lemon juga popular sebagai bahan pembuatan infus water. Berbeda dengan jus, konsep dar infus water adalah hanya merendam irisan buah lemon dalam air sehingga sari-sari buah lemon akan terinfus sendiri ke dalam air. Buah lemon sangat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan vitamin C. Vitamin C adalah bahan aktif yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Manfaat lemon untuk kecantikan wajah

Air lemon yang merupakan hasil perasan dari buah lemon mengandung senyawa antibakteri. Senyawa antibakteri ini juga berfungsi untuk mengatasi bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Manfaat lemon untuk kecantikan wajah adalah lemon dapat memerangi bakteri penyebab jerawat pada wajah. Biasanya, untuk mengatasi jerawat dibuat larutan dari air lemon yang dicampur dengan madu. Larutan ini dioleskan pada bagian wajah yang muncul jerawat. Larutan ini terbukti berkhasiat untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Air lemon juga dapat digunakan sebagai pembersih muka, menggantikan sabun pencuci wajah.

Manfaat lemon untuk kecantikan wajah, kulit, dan bibir

Manfaat lemon untuk kecantikan salah satu diantaranya adalah untuk mencerahkan kulit. Lemon mengandung zat asam yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Seperti halnya menghilangkan noda bekas jerawat, kandungan zat asam pada lemon dapat membersihkan dan mencerahkan kulit, terutama kulit wajah. Selain itu, zat asam ini juga memberikan efek yang lebih segar pada kulit. Meski demikian, dalam penggunaan cairan sari lemon, perlu diperhatikan apakah terdapat luka pada kulit wajah. Disarankan, jangan gunakan sari lemon pada area kulit yang luka karena akan terasa perih. Rasa perih ini tak lain karena zat asam pada lemon menyerang antibakteri yang sedang bekerja memperbaiki jaringan pada kulit yang luka.

Manfaat lemon untuk melembabkan bibir

Bibir kering sering dialami oleh orang yang kekurangan vitamin C. Karena kandungan vitamin C pada lemon tergolong banyak maka manfaat lemon untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk melembabkan bibir. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon mampu mengangkat sel-sel kulit bibir yang mati. Dengan kata lain, buah lemon mengangkat sel-sel kulit bibir yang menyebabkan bibir terlihat kering. Caranya adalah dengan mengoleskan lemon pada bibir yang kering.

Sumber : http://www.caranyata.info/2016/01/manfaat-lemon-untuk-kecantikan-wajah.html

Tags : Manfaat lemon, Mencerahkan Wajah, Skincare, Tips Kecantikan.


Pelembab dapat melindungi kulit sensitif, memperbaiki warna, tekstur, serta kulit yang kering. Ada banyak pelembab yang tersedia di pasaran, baik untuk kulit kering, normal, berminyak, dan juga pelembab khusus untuk orang yang sudah lanjut usia.

woman caring of her face with moisturizer cream

Pentingnya Pelembab untuk Kulit Kering

Kulit kering disarankan untuk tidak diabaikan dan dianggap sepele, karena kulit yang sangat kering dapat menyebabkan kulit menjadi retak dan terjadi perubahan pada permukaan kulit. Beberapa hal yang menyebabkan kulit menjadi kering di antaranya pemakaian AC, mandi uap atau sering mandi dengan air panas (hangat), memakai sabun dengan bahan kimia yang dapat menghilangkan kelembaban kulit, pertambahan usia, iritasi terhadap sesuatu (iritan), serta kondisi medis seperti psoriasis atau dermatitis atopik.

Pemakaian pelembab adalah suatu keharusan, tidak peduli apakah jenis kulit Anda berminyak, normal, kering, atau kombinasi. Namun pelembab sebaiknya dipilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Kulit kering dapat diobati atau diredakan dengan penggunaan pelembab yang khusus untuk kulit kering. Banyaknya produk pelembab untuk kulit kering di pasaran mungkin bisa saja membuat bingung. Terdapat beragam bentuk pelembab mulai dari krim, losion, atau salep.

Untuk mengatasi dan merawat kulit yang kering, selain memilih pelembab khusus untuk jenis kulit kering, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan, di antaranya:

  • Untuk mengembalikan kondisi kulit kering, pilihlah pelembab yang berbahan dasar minyak untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Untuk kulit yang sangat kering dan retak, Anda dapat memilih produk pelembab untuk kulit kering yang berbahan dasar petrolatum. Petrolatum lebih efektif dalam mencegah air menguap dari kulit Anda.
  • Gunakan pelembab yang ringan pada pagi atau siang hari, dan pelembap yang agak berat pada malam hari. Selain itu, pelembab untuk kulit kering yang dapat Anda pilih untuk pemakaian siang hari adalah pelembab yang memiliki perlindungan terhadap sinar ultraviolet, dengan SPF minimal 30.
  • Pelembab yang mengandung antioksidan seperti teh hijau, chamomile, dan delima, juga dapat membantu menjaga kulit tetap segar dan sehat. Antioksidan mampu membantu menetralisir radikal bebas. Anda juga dapat mencari pelembab untuk kulit kering yang mengandung bahan hyaluronic acid dan dimethicone yang dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.
  • Jangan memilih pelembab yang mengandung terlalu banyak asam, seperti alpha-hidroxy acids (AHA), asam glikolat, asam retinoat, dan asam salisilat. Pada kulit kering, asam-asam tersebut dapat menembus jauh ke dalam kulit dan menimbulkan masalah pada kulit yang sensitif. Selain itu, jauhi pelembab yang mengandung alkohol dan bahan pewangi.
  • Jauhi juga pelembab untuk kulit kering yang mengandung urea atau asam laktat, karena dapat memperparah iritasi kulit.

Untuk mengatasi dan merawat kulit kering, pelembap tentunya harus digunakan dengan cara yang benar. Adapun cara untuk menggunakan pelembab tersebut yakni:

  • Menggunakan pelembab setelah mencuci muka. Ini adalah waktu yang terbaik memakai pelembab untuk kulit kering, karena seringkali kelembaban alami kulit juga ikut terangkat pada saat mencuci muka.
  • Oleskan pelembab dengan tangan bersih. Hal ini untuk mencegah kotoran menyumbat pori-pori Anda. Oleskan pelembab pada bagian wajah, terutama area pipi, dahi, dagu, dan hidung. Jangan mengoleskan terlalu banyak pelembab dan jangan mengoleskan pelembab di daerah yang berminyak.
  • Biarkan pelembab meresap ke kulit Anda. Berikan waktu setidaknya dua menit sampai pelembab meresap ke dalam kulit, sebelum Anda memakai tabir surya ataumake up.
  • Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terasa lembab dan kenyal. Terlalu banyak pelembap akan membuat kulit Anda terlihat mengkilap dan berminyak. Apabila kulit terlihat kusam, bersisik atau kasar, itu berarti pelembab yang Anda gunakan kurang efektif.

Jika penggunaan pelembab untuk kulit  kering yang tepat tidak dapat membantu mengatasi masalah kulit Anda, segeralah berkonsultasi pada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber : http://www.alodokter.com/ketahui-pelembab-untuk-kulit-kering-dan-cara-me...

Tags : Pelembab wajah, Skincare, Tips Kecantikan, Kecantikan, Pelembab Kulit Kering


Sebagian faktor risiko kemunculan keriput masih bisa dikontrol, misalnya kebiasaan merokok, ekspresi wajah berulang-ulang, dan paparan sinar ultraviolet secara berlebihan. Sementara itu, faktor risiko yang tidak bisa dikontrol adalah faktor usia.

cara menghilangkan kerutan dibawah mata ada di sini - alodokter

Rokok diprediksi dapat menjadikan proses penuaan pada kulit berjalan lebih cepat dibandingkan biasanya. Hal ini kemungkinan karena merokok berisiko mengubah suplai darah ke kulit. Mengenai hubungan dengan ekspresi wajah, seperti sering menyipitkan mata, berisiko memicu munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Sinar ultraviolet yang menerpa kulit mampu memecah jaringan ikat pada kulit, seperti kolagen dan serat elastin. Tanpa jaringan pendukung tersebut, kulit akan kehilangan fleksibilitas sehingga muncul kerutan dini. Faktor usia sendiri tentu dapat mengurangi elastisitas kulit secara alami diakibatkan menurunnya produksi minyak kulit.

Beberapa Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata

Selain di sekitar mata, kerutan biasa terjadi juga di bagian wajah lain dan leher. Langkah-langkah di bawah ini bisa digunakan untuk mengatasi hadirnya kerutan, termasuk kerutan dibawah mata.

  • Menggunakan krim obat

Secara umum, krim mata mengandung bahan anti penuaan yang lembut untuk kulit. Konsentrasi bahan yang digunakan juga lebih rendah dibandingkan untuk bagian tubuh lain, mengingat kulit sekitar mata lebih halus dari bagian lainnya.

Adapun bahan yang biasa terkandung di dalam krim mata adalah retinoid, peptida, dan agen penghidrasi (seperti asam hialuronat). Bahan-bahan tersebut berperan mengisi kerutan yang ada di sekitar mata. Bahan lain yang direkomendasikan terkandung dalam krim untuk mengurangi kerutan dibawah mata adalah coenzyme Q10. Bahan ini juga berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Krim antikerut juga bisa didapatkan tanpa resep dokter. Beberapa bahan aktif yang terdapat dalam krim yang dijual bebas antara lain retinol, asam hidroksi alpa, antioksidan, dan sejumlah peptida. Sayangnya krim antikerut tanpa resep dokter hanya sedikit mengandung bahan aktif sehingga hasilnya tidak sebaik yang diresepkan dokter.

Untuk menghilangkan kerutan dibawah mata secara cepat, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Salah satunya adalah suntikan toksin botulinum atau biasa dikenal dengan suntik botoks. Dalam dosis tertentu dan dilakukan oleh dokter, suntikan ini akan melemaskan otot-otot yang menyebabkan keriput dan kerutan pada kulit.

Cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerutan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari (sinar UV) atau karena faktor usia adalah dengan chemical peels. Metode perawatan wajah ini bertujuan membuang sel kulit mati menggunakan bahan kimia. Sel baru yang muncul selanjutnya akan membentuk lapisan kulit baru yang lebih halus.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan laser. Pemakaian laser akan merangsang pertumbuhan kolagen dan serat kulit baru yang lebih kencang dan halus. Dermabrasi dan microdermabrasi juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerutan dibawah mata. Proses ini secara sederhana digunakan untuk menghilangkan permukaan kulit yang berkerut sehingga lapisan kulit baru tumbuh di sana.

Teknik lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerut dibawah mata adalah melalui pengisian jaringan lunak  (teknik filler). Jaringan lunak seperti lemak, kolagen, dan gel asam hyaluronic disuntikkan ke dalam kerutan sehingga kerutan terisi alias hilang.  Terakhir, pengencangan kulit dengan perangkat yang mengeluarkan panas bisa dilakukan untuk mengusir kerutan dibawah mata.

 Segera aplikasikan cara menghilangkan kerutan dibawah mata sebagaimana diuraikan di atas. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi diri sendiri.

Sumber : http://www.alodokter.com/cara-menghilangkan-kerutan-dibawah-mata-ada-di-...

Tags : Kerutan, Skincare, Cara menghilangkan kerutan dibawah mata, Kerutan di bawah mata.


Merawat Kulit Berjerawat dengan Terapi Air Panas & DinginDok. Thinkstock
Dasar perawatan untuk kulit berjerawat adalah rajin membersihkan wajah, apalagi setelah menggunakan make-up seharian. Tapi tidak hanya sampai di situ, ternyata pemilihan air ketika sedang membersihkan wajah juga mempengaruhi 'kesembuhan' jerawat.

Metode menghilangkan jerawat dengan air panas dan dingin ternyata bermanfaat besar bagi kulit jerawat dan sensitif. Dilansir Beauty Rama, berikut ini terapi mengatasi jerawat dengan air panas dan dingin.

1. Air Panas
Selain baik untuk melancarkan peredaran darah, air hangat yang dibasuhkan pada wajah baik untuk melembabkan, merevitalisasi dan memberi oksigen pada kulit. Uap dari hangat juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran pada wajah. Uap air panas dapat membuka pori-pori, sehingga komedo dan bakteri pada jerawat dapat keluar.

Caranya dengan mendekatkan wajah ke baskom yang berisi air hangat, lalu tutupi kepala, agar uap yang keluar hanya terkonsentrasi pada bagian wajah saja. Setelahnya, jangan lupa untuk membasuh wajah dengan air dingin, untuk menutup kembali pori-pori.

2. Air Dingin
Sedangkan air dingin dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan wajah dan meredakan kemerahan pada jerawat. Air dingin juga bisa mengempiskan jerawat. Air dingin sangat ideal sebagai ritual perawatan wajah pada pagi hari. Berguna untuk mengaktifkan sirkulasi darah, mengurangi minyak yang menjadi salah satu penyebab kulit berjerawat. Air dingin pun dapat mengecilkan pori-pori.

Pada pagi hari cucilah wajah dengan air dingin untuk memberikan kesegaran pada kulit. Untuk perawatan malam, air dingin dibasuh setelah mencuci wajah dengan air hangat dan sabun. Air hangat membuka pori-pori dan ibaratnya kulit ditutup kembali dengan air dingin, agar minyak dalam kulit terkunci.

3. Tambahkan Lemon
Anda bisa menambahkan potongan lemon dalam air panas ataupun dingin. Lemon mengandung asam sitrat, asam laktat dan glikolatjus yang dapat mengatasi jerawat dan memudarkan bekasnya. Selain itu lemon dapat mencerahkan wajah.

Tags : Pori-pori membesar, skincare, tips kecantikan, tips skicare.

Bukan Hanya Karena Malu, Ini Penyebab Wajah Jadi MemerahDok. Thinkstock
Saat tersipu, biasanya sebagian besar orang pipinya akan memerah. Entah itu malu karena bertemu pujaan hati, jatuh terjerembab di tempat umum atau jadi bahan tertawaan orang banyak. Ternyata, wajah yang memerah tidak hanya disebabkan karena malu. Ini penjelasannya, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Faktor Genetik
Tidak semua orang akan memerah pipinya saat malu. Orang-orang dengan ras Kaukasia dan Eropa Selatan umumnya paling mudah terlihat saat malu atau tersipu, karena kulit mereka yang sangat putih. Semakin putih dan pucat kulit seseorang maka makin terlihat pipi mereka yang memerah ketika malu.

2. Gugup
Tak hanya karena malu, wajah seseorang juga bisa merah ketika gugup atau cemas. Saat dalam keadaan tersebut, tubuh akan melepaskan adrenalin. Hormon tersebut kemudian membesarkan pembuluh darah, dan itu yang membuat wajah merah merona.

3. Kebiasaan Tak Sehat
Kulit yang memerah tak selalu mengindikasikan sehat, tapi bisa juga karena gaya hidup yang tidak baik. Wajah yang memerah bisa disebabkan karena terlalu banyak terpapar sinar matahari atau menghisap rokok. Dua kebiasaan tersebut akan merusak kolagen, sejenis protein yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Kolagen juga menutupi pembuluh darah di bawah kulit. Jika lapisan kolagen menipis, maka pembuluh darah akan semakin terlihat. Jadi bila wajah Anda tiba-tiba mudah memerah saat terkena panas, maka bisa jadi itu tanda-tanda telah rusaknya kolagen. Sebaiknya periksakan pada dokter kulit Anda untuk diagnosa yang lebih tepat.

4. Olahraga
Saat berkeringat, suhu tubuh akan memanas dan membuat wajah memerah. Hasilnya, wajah pun tampak lebih cantik dan segar. Itulah sebabnya banyak pakar kesehatan maupun kebugaran tubuh yang menyarankan wanita untuk rajin beraktivitas fisik agar kulitnya tampak lebih glowy dan cantik. Saat berolahraga, aliran darah akan lebih lancar dan itu bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit.

5. Iritasi Kulit
Wajah yang merah bisa juga disebabkan oleh iritasi kulit akibat pemakaian kosmetik atau perawatan yang salah. Beberapa produk perawatan wajah bisa membuat lapisan kulit menipis, sehingga rentan teriritasi dan memerah. Jika merah-merah pada kulit disertai rasa gatal dan perih, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter ahli.

Dalam kondisi normal atau wajar, pipi yang bersemu merah memang bisa menambah kecantikan. Tapi jika kemerahan itu terjadi di seluruh wajah hingga ke kuping, maka bisa mengganggu penampilan dan membuat Anda sedikit tidak nyaman. Apabila sudah merasa terganggu dengan rona merah pada wajah, Anda bisa mengatasinya dengan menepuk-nepukkan handuk basah yang sudah dicelup air dingin. Lakukan cara ini paling sebentar 20 detik atau bisa lebih lama lagi. Air dingin akan membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga kemerahannya berkurang.

Tags : Kulit wajah merah, Penyebab kulit wajah merah, skincare, tips kecantikan.